Mengolah Sisa Bahan Masakan

Apa pun bahan makanan yang tersisa saat memasak, jangan buru-buru dibuang. Anda bisa mengolahnya menjadi sajian berselera lainnya. Triknya, kerahkan kreativitas saat di dapur!

1. Olahan daging ayam
Acara makan bersama di hari raya sudah selesai, tapi ternyata masih banyak sisa olahan ayam di piring saji. Cara paling mudah adalah menjadikannya sebagai suwiran-suwiran kecil yang bisa dimanfaatkan sebagai olahan stir fry, aneka sup, atau salad.

Bila Anda belum sempat atau masih enggan mengolahnya saat ini, simpan saja dulu di dalam freezer, lalu gunakan di saat akan mengolah hidangan lezat yang Anda inginkan, sajikan untuk keluarga esok harinya.

2. Daging giling
Daripada menggunakan daging giling segar yang sudah pasti jauh lebih mahal, manfaatkan saja daging giling sisa sebagai isian untuk kue-kue sejenis pastel. Jika daging giling sisa sudah terlihat kelewat basah karena banyaknya kandungan lemak, jangan lupa tiriskan terlebih dulu.

Bila sisa daging berjumlah cukup banyak, taruh di wadah tahan panas dan sajikan sebagai penutup kentang bakar, lalu taburi keju. Atau jadikan sajian pai yang mudah dan cepat pengolahannya. Sajian sepinggan ini bisa dijadikan bekal sekolah anak penuh gizi, atau untuk acara makan malam keluarga.

3. Sayuran matang
Menu favorit dari olahan sayuran matang yang tersisa adalah Bubble and Squeak. Tak banyak yang tahu kan, jika nama mentereng itu berasal dari bebunyian yang terdengar saat masakan ini diolah dalam wajan datar.

Sajian yang di tanah air populer dengan sebutan Orak Arik ini cocok disantap kapan saja. Namun, tak ada salahnya juga dinikmati sebagai hidangan penuh gizi saat sarapan, dengan menambahkan telur goreng, daging asap, atau olahan daging yang tersisa.

Tak ada batasan khusus dalam membuat Bubble and Squeak. Gampangnya, gunakan apa saja yang tersisa dari makan malam Anda. Biasanya, kentang halus (mashed potato) jadi bahan pokoknya, karena bisa berperan sebagai bahan penyatu bahan-bahan lainnya.

4. Sayuran segar
Sayuran mentah apa pun yang tersisa, bila disimpan dalam rak khusus sayur di kulkas, tak perlu dibuang begitu saja. Olah saja menjadi sajian sup yang cepat, mudah, tapi memiliki rasa istimewa, hanya dengan menambahkan wortel, sayuran hijau, merica, dan tomat.

Jangan lupa, tumis dulu bawang merah dan bawang putih hingga tercium harum sebelum memasukkannya ke dalam panci sup. Bila mau, Anda bisa menambahkan bumbu dapur lainnya untuk mendapatkan sup dengan aroma ekstra.

Masakan favorit lainnya yang tak kalah istimewa dan bisa Anda sajikan dari dapur sendiri adalah capcay.

Related Posts by Categories



You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Mengolah Sisa Bahan Masakan"

Posting Komentar

Powered by Blogger