Sajian Lama Tampil Baru


Lebaran telah usai, tapi ternyata masih banyak hidangan tersisa. Jangan buru-buru dibuang, karena seluruh sajian yang tersisa ini masih dapat diolah menjadi hidangan lain yang istimewa. Dengan sedikit kreativitas, Anda akan mendapatkan hidangan lama menjadi baru kembali.

1. Ayam goreng
Punya sisa opor ayam atau ayam goreng? Anda dapat mengolahnya menjadi campuran nasi goreng atau campuran aneka tumisan. Dengan menambahkan sayuran sawi, tahu, dan taoge, olahan daging ayam kini menjadi menu baru yang lezat.

2. Rendang
Bila masakan rendang sisa Lebaran masih banyak tersisa, dapat Anda masukkan dalam lemari es. Namun, sebaiknya bungkus dulu dalam kantong plastik atau wadah tertutup, lalu simpan dalam freezer.

Jika Anda akan menggunakannya sebagai lauk untuk makan siang atau malam, panaskan dengan cara dikukus. Atau dapat juga dipisahkan bumbu dan dagingnya. Lalu, campurkan bumbu rendang dengan telur puyuh dan kacang panjang, beri sedikit air.

Masakan rendang kini tampil baru kembali. Dagingnya bisa Anda suwir-suwir, lalu masak kembali sampai kering. Anda pun kini mendapatkan hidangan baru berupa abon rendang pedas.

3. Sambal goreng printil
Dengan menambahkan kol, kacang panjang, nangka muda, dan sedikit air, menu di atas dapat diolah menjadi sayur kapau. Atau dapat Anda buat sebagai isi arem-arem atau pastel tutup. Caranya, keringkan dagingnya, tambahkan wortel dan kentang, masak kembali sampai semua bahan matang.

4. Aneka cake
Untuk cake atau lapis legit yang tersisa, dapat Anda jadikan kue kering. Potong-potong cake, lalu keringkan. Atau dapat Anda buat kue rum ball. Caranya, hancurkan cake, tambahkan campuran susu kental manis, dan gulingkan dalam meses. Jadilah bola-bola cokelat yang jadi favorit si kecil.

Nah, kini Anda sudah mendapatkan banyak hidangan baru bukan?

Related Posts by Categories



You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Sajian Lama Tampil Baru"

Posting Komentar

Powered by Blogger