Oregano, Si Kecil Penuh Manfaat


Daun oregano termasuk bumbu masak yang penting untuk masakan Turki, Yunani, Spanyol, dan Italia. Umumnya, daun oregano digunakan untuk bumbu pewangi, karena aromanya yang khas. Bentuknya mirip dengan kemangi. Rasanya cenderung pahit, memiliki aroma khas yang hangat. Berbeda dari kebanyakan bumbu daun, oregano justru menghasilkan aroma lebih baik ketika sudah dalam bentuk bubuk, bukan yang dalam keadaan segar. Karenanya, di pasaran, banyak dijual kering.

Untuk makanan Italia, oregano banyak digunakan untuk pizza, saus pasta, dan spageti. Sementara untuk makanan Yunani, biasa digunakan untuk salad, juga tambahan minyak siraman campuran lemon dan minyak zaitun, sebagai teman ikan atau daging bakar. Oregano juga digunakan bangsa Turki untuk menambah cita rasa masakan daging, misal domba bakar atau kebab.

Oregano juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti mengatasi gangguan pencernaan, antiseptik, dan meringankan migrain. Di Filipina, oregano tak hanya digunakan untuk menambah rasa makanan, tetapi juga sebagai tumbuhan penyembuh batuk pada anak-anak, karena memiliki efek menenangkan. Dikabarkan pula, oregano memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, berkat adanya asam phenolic dan flavonoid. Selain itu, bakteri yang dikandungnya, yakni Listeria monocytogenes mampu menjaga makanan awet lebih lama.

Related Posts by Categories



You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Oregano, Si Kecil Penuh Manfaat"

Posting Komentar

Powered by Blogger